Medan – Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Agus Fatoni, melepas keberangkatan kontingen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut mengikuti Pekan Olahraga Nasional (Porwanas) XIV di Banjarmasin, Jumat (16/8).

Dalam sambutannya, Agus Fatoni sangat mengapresiasi semangat para atlet kontingen PWI Sumut yang akan berlaga di Porwanas XIV Banjarmasin. Agus berharap Sumut dapat meraih sukses dan mampu mengukir prestasi lebih baik.

“Tidak ada yang tidak bisa dan tidak mungkin. Siapa yang bersungguh-sungguh, pasti akan mendapat prestasi,” katanya di Aula T Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubsu.

“Yang terpenting, jaga nama baik Sumut,” pintanya kepada para atlet PWI Sumut.

Tak lupa, Agus Fatoni turut meminta media dapat menyosialisasikan dua kegiatan besar yang akan dilaksanakan di Sumut. Dua kegiatan dimaksud adalah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI dan Pilkada.

“Khusus Pilkada, memang sifatnya lokal tetapi bernuansa nasional. Sumut merupakan daerah ke-4 terbesar dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, makanya masuk perhatian nasional,” sebutnya.

“Peran wartawan dan media sangat besar dalam menjaga iklim kondusif. Mari kita jaga dan terus pertahankan semangat harmoni yang selalu kita gaungkan,” pesan Pj Gubsu kepada para wartawan ikut menyukseskan pelaksanaan PON XXI.

Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik SE, melaporkan kontingen atlet yang akan mengikuti Porwanas XIV di Banjarmasin sebanyak 50 orang. Rinciannya, atlet 40 orang ditambah 10 orang sebagai ofisial.

Farianda menyampaikan para atlet kontingen PWI Sumut sangat serius menatap Porwanas XIV. Hal itu dibuktikan mayoritas cabang olahraga (cabor) telah melakukan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) sejak bulan Maret.

“Ini semua dilakukan hanya untuk mengharumkan nama Sumut,” kata Farianda seraya menyebutkan pihaknya bertekad memperbaiki peringkat di Porwanas.

Dalam kesempatan itu, Farianda mengaku bangga atas perhatian dan dukungan Pemprov Sumut, khususnya Pj Gubsu kepada PWI Sumut dalam keikutsertaannya menghadapi Porwanas.

“Ini sangat luar biasa. Dalam kondisi menghadapi PON dan Pilkada, PWI tetap mendapatkan perhatian. Ini namanya kami dapat dua kali, satu kali dapat dukungan anggaran dan satu lagi dilepas oleh Pj Gubsu. Kami doakan Pilkada berjalan lancar dan kondusif,” ujar Farianda.

Diketahui, Porwanas XIV Banjarmasin akan berlangsung pada 19-26 Agustus 2024 dengan mempertandingkan 14 cabang olahraga. Kontingen PWI Sumut sendiri akan mengikuti cabor futsal U40 dan After 40 tahun, bridge, biliar, tenis meja, catur, dan domino. Selain itu, PWI Sumut juga mengikuti lomba karya jurnalistik dan cabor eksibisi khusus IKWI. (pwisumut)