BANJARMASIN – Tim Futsal Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara U40+ (40 tahun ke atas) lolos ke perempatfinal Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV/2024, Rabu (21/8).

Sumut melakoni duel hidup mati di GOR Borneo Futsal kontra PWI Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk memperebutkan status juara Grup A. Berkat sumbangan gol Deva Armaya dan Heri Putra Ginting, Sumut menang 2-0. Sebelumnya, Sumut dikalahkan DKI Jakarta 0-2.

Selanjutnya, tim asuhan Dede Noviandi dan Boy Fadli Elvin akan berhadapan dengan PWI Lampung yang menjadi juara Grup D. DKI Jakarta yang menguasai Grup A ditantang tuan rumah Kalsel. Laga lain mempertemukan Riau versus Jateng dan Aceh melawan Jatim.

“Terima kasih buat kerja keras semua pemain, pelatih, dan ofisial. Saya bangga dengan kemenangan ini. Di perempatfinal, kita harus yakin menang lagi,” ucap Ketua Umum PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik SE.

Didampingi Ketua Kontingen PWI Sumut SR Hamonangan Panggabean dan Sekretaris Siwo PWI Sumut Halomoan Samosir, Farianda berharap kemenangan tersebut menjadi motivasi tim U40 (40 tahun ke bawah) yang akan bertanding melawan Riau dan DKI Jakarta, Kamis (22/8).

Pelatih Dede Noviandi mengatakan tetap akan mengevaluasi performa tim guna menjamin tiket semifinal melawan pemenang antara Jatim dan Aceh.

“Tentunya masih ada kekurangan. Saya lihat pemain di awal belum tenang pegang bola. Pemain kurang fokus. Selebihnya, kita akan manfaatkan masa recovery pemain dengan semaksimal mungkin,” kata Dede.

Terkait kekuatan lawan, Dede mengakui Lampung merupakan tim kuat. Disebutkan dengan absennya Deva Armaya di laga nanti sedikit banyaknya akan memengaruhi kekuatan tim. Diketahui, Deva terkena hukuman akumulasi kartu kuning.

“Lampung bagus. Saya sudah lihat mainnya. Pasti ada perubahan dan saya akan siapkan performa maksimal,” tambahnya.

Mewakili pemain, Hery Ginting mengaku gembira akan kemenangan PWI Sumut dan lolos ke perempatfinal. Anggota PWI Langkat tersebut pun mengingatkan rekan-rekan setim menjaga kekompakan dan berjuang lebih maksimal lagi di laga selanjutnya.

“Kemenangan ini untuk PWI Sumut, itu yang penting. Perkara cetak gol itu tak penting, karena adalah satu kesatuan,” tutup Hery. (pwisumut)