MEDAN – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara bekerja sama dengan PWI Pusat akan menggelar Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) di Hotel Grand Inna Medan pada 23-27 September 2024.

Dalam kegiatan itu, Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Drs H Agus Fatoni MSi akan menyampaikan kuliah perdana SJI. Demikian disampaikan Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik SE didampingi Sekretaris SR Hamonangan Panggabean, Jumat (20/9).

“Ini merupakan anugerah bagi PWI Sumut sebagai penyelenggara SJI. Pasalnya, SJI ini menjadi perdana digelar di Sumatera Utara,” ujar Farianda.

Dijelaskan, melalui SJI peserta akan mendapatkan ilmu tentang jurnalistik disampaikan oleh para pengajar yang kompeten di bidangnya. Rencananya, pembukaan akan turut dihadiri Kapolda Sumut, Pangdam I/BB, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan redaksi media, dan lainnya.

Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut Sugiatmo menambahkan, ke-40 peserta SJI berasal dari unsur anggota PWI Sumut, SMSI, JMSI, dan Lembaga Pers Mahasiswa di Medan. Saat pembukaan, Ketua Umum PWI Pusat Hendry CH Bangun akan menyampaikan materi “wawasan kebangsaan dalam jurnalistik”.

Selama lima hari kegiatan, peserta akan dipaparkan materi “Mencari dan Mengembangkan Berita” oleh Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat Dr Suprapto dan “Filosopi Profesi Wartawan” oleh Wakil Rektor Universitas Medan Area (UMA) Dr H Dedi Sahputra MA.

Kemudian materi “Integritas” disampaikan Ahmed Kurnia, “Bahasa Indonesia dalam Jurnalistik” oleh Khairul Jasmi, ‘Berpikir Kritis dan Kreatif” disampaikan M Nasir, “Teknik Wawancara” oleh Sugiatmo serta “Jurnalisme Data, Visualisasi, dan Integritas” disampaikan Adek Media Roza.

Materi “Fotografi” disampaikan oleh Alex Subhan, “Membangun Jaringan Kerja Wartawan yang Berintegritas” oleh Dr Aqua Dwipayana, “Videografi dan Pemanfaatan AI” dipaparkan Merdi Sofansyah, “Jurnalisme dan Etika Pemanfaatan AI” oleh Damar Junianto, dan materi “Jurnalisme Multi Tasking” disampaikan Raditiyo Wicaksono.

Nantinya, para peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat. (pwisumut)