MEDAN – Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Agus Fatoni, mendukung kegiatan Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) masuk Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumut.

Demikian disampaikan Pj Gubsu saat membuka SJI yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dan PWI Sumut di Hotel Grand Inna Medan, Senin (23/9). Nantinya, pemateri SJI juga harus berstandar nasional.

“Kami dukung gelaran SJI ini karena nantinya menciptakan wartawan yang berkualitas dan profesional. Nanti kami usulkan program SJI ini masuk APBD dengan anggaran Rp1,5 miliar,” sebut Pj Gubsu.

Agus menambahkan peran media di mata pemerintah sangatlah penting. Dikarenakan, pemerintah butuh sinergitas media dalam pemberitaan segala informasi, kebijakan atau kegiatan pemerintah, dalam hal ini Pemprov Sumut.

“Sebaliknya, media pun butuh kerja sama dengan pemerintah karena ingin menjalankan fungsi pers berupa memberi informasi, edukasi, hiburan serta kontrol sosial. Tak ada informasi, maka media pun tak punya berita yang disiarkan,” lanjut Fatoni.

“Kemitraan pers dan pemerintah tentunya berdampak kepada kepercayaan masyarakat. Dengan berita-berita pemerintah yang positif, masyarakat jadi mendukung dan tumbuh rasa percaya terhadap pemerintah. Tentu saja media harus tetap kritis dan kontrol sosial,” sambungnya.

Dalam paparannya sebagai keynote speaker, Pj Gubsu juga menyampaikan tentang ciri-ciri orang unggul. Empat hal yang harus dimiliki seseorang, yakni pintar, cerdas, kreatif, dan inovatif. Dengan sendirinya, maka wartawan jadi pribadi yang unggul dan memiliki identitas,” kata Fatoni lagi.

Ketua Umum PWI Pusat, Hendry CH Bangun, menyampaikan SJI di Sumut yang berlangsung hingga Jumat (27/9) merupakan penyelenggaraan kelima tahun ini. Menariknya, baru SJI di Sumut ini yang menampilkan kepala daerahnya sebagai keynote speaker dan pemateri kuliah perdana.

“SJI telah melahirkan 1000 alumni dan kurikulum materi kuliahnya pun hasil studi banding di University of Missouri di Amerika Serikat. Artinya, SJI ini memang kegiatan pembelajaran yang sifatnya menyeluruh dan bertujuan meningkatkan pengetahuan, wawasan sampai praktik kerja wartawan,” papar Hendry.

Tak lupa, Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik SE memberi apresiasi kepada para mitra yang hadir pada pembukaan SJI. Di antaranya, Gubsu ke-17 yang juga Anggota Kehormatan PWI HT Erry Nuradi, Kapolda Sumut diwakili Kabid Humas Kombes Pol Hadi Wahyudi, perwakilan Pangdam I/BB, Kajati Sumut, Perumda Tirtanadi, Inalum, PTPN II, dan sejumlah pimpinan perguruan tinggi. (pwisumut)